BERWIRAUSAHA MELALUI PENJUALAN KAOS FAKULTAS

Latar Belakang Usaha

Berwirausaha merupakan salah satu hal yang harus ditanamkan kepada para mahasiswa agar dapat dididik menjadi seorang entrepreneur. Wirausaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan kemandirian seseorang agar dapat menata kehidupan perekonomian mereka. Berdasarkan hal tersebut dalam mata kuliah kewirausahaan mengadakan kegiatan untuk berjualan kaos fakultas. Usaha ini bergerak dalam usaha jual beli pakaian yaitu kaos berkerah dengan tema Universitas Negeri Semarang dan Fakultas Ilmu Sosial khususnya. Kaos ini sendiri merupakan hasil desain dari pihak fakultas, kemudian di sini kami berperan untuk memasarkan kaos tersebut secara kelompok yang terdiri dari 11 anak dalam kelompok besar kepada siapa saja yang tertarik dengan kaos tersebut, bukan hanya pada mahasiswa saja, tetapi juga pada dosen, mahasiswa jurusan lain bahkan masyarakat luas. Kegiatan tersebut dilakukan bukan hanya untuk menanamkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa, tetapi juga dengan alasan bahwa mahasiswa mengetahui bagaimana berwirausaha itu. Seperti apa pangsa pasar, manajemen pasar bahkan hingga kesulitannya dalam berwirausaha. Secara tidak langsung mahasiswa tahu cara mengelola usaha itu sendiri, dengan demikian mahasiswa menjadi mandiri. Selain karena alasan di atas, kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Kewirausahaan sebagai tugas MID Semester serta menanamkan mental keberanian kepada mahasiswa serta sudah sedikit memiliki pengalaman dalam berwirausaha.

 

Sasaran

Kegiatan wirausaha ini tentunya memiliki sasaran yang hendak dicapai. Sasaran tersebut diantaranya adalah :

  1. Mahasiswa

Sasaran yang utama adalah mahasiswa UNNES khususnya adalah mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial maupun mahasiswa fakultas lain. Sebagai mahasiswa FIS mereka harus memiliki identitas yang menunjukan bahwa mereka adalah bagian dari jurusan tersebut. Selain itu juga agar mahasiswa lebih memiliki rasa kepedulian terhadap fakultas. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat memberikan masukan kepada fakultas agar menjadi lebih baik. Kemudian untuk mahasiswa dari jurusan lain agar lebih terkesan dengan Fakultas Ilmu Sosial.

  1. Masyarakat umum

Selain mahasiswa UNNES sasaran penjualan adalah masyarakat umum. Masyarakat umum yang dimaksud adalah orang dari golongan umum yang dapat dijadikan sasaran untuk membeli barang yang kami tawarkan berupa kaos. Masyarakat yang dijadikan sasaran seperti orang yang dating ke UNNES dalam acara tertentu seperti olympiade maupun wisuda, baik wisuda universitas maupun wisuda fakultas. Barang yang kami tawarkan ini dapat dijadikan sebagai cindera mata bagi mereka telah mengunjungi Fakultas Ilmu Sosial maupun sebagai kenang-kenangan bagi wisudawan Fakultas Ilmu Sosial.

  1. Dosen

Sasaran yang tidak kalah penting adalah para dosen. Dosen memiliki pengaruh cukup besar dalam kegiatan ini. Sebagai dosen Fakultas Ilmu Sosial mereka harus menunjukan rasa kepedulian terhadap jurusannya sendiri. Selain itu dosen juga dapat dijadikan acuan bagi sasaran lain agar mau membeli barang yang kami tawarkan.

 

Manajemen Pemasaran

Untuk mencapai sasaran yang telah disebutkan di atas diperlukan adanya kerjasama yang baik antar anggota kelompok dalam mempromosikan kaos yang akan dijual agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Kegiatan ini dilakukan dengan cara berkelompok yang terdiri dari 11 anak. Kelompok ini terdiri dari :

  1. Diyana Rahmawati
  2. Galih Lumaksono
  3. M. Abdan Nur Fiqin
  4. Galih Pratama
  5. Akhmad Nurur Rokhim
  6. Dwi Indah Novilayati
  7. Anis Nur Hidayati
  8. Mujibatul Latifah
  9. Hesti Retnosari
  10. Firda Aprilianto
  11. Retno Mardelia

Untuk menjalankan kegiatan tersebut setiap kelompok diberi kaos sebanyak Sembilan buah yang nantinya untuk dijual kepada pembeli. Pembeli atau sasaran dari penjualan kami adalah para mahasiswa, dosen, alumni ataupun para pegawai atau pejabat yang ada di fakultas. Namun bagi siapa yang berkenan membeli barang kami adalah pembeli yang harus kami layani.

Kaos yang kami jual adalah kaos yang dibagiakn oleh jurusan, karenanya harga juga telah ditentukan. Harga yang telah ditentukan dari jurusan adalah sebesar Rp.45.000,-. Berpatok harga demikian kita dapat menjual kaos tersebut dengan harga yang kita inginkan. Namun kelompok kami hanya mematok harga Rp.50.000,-.

Setelah ada kesepakatan harga tersebut kami mulai memasarkan kaos tersebut. Berdasarkan kelopok, kami kemudian membaginya lagi menjadi tiga kelompok kecil yang dibagi dalam tiga titik. Kelompok yang pertama bertugas untuk menjual di C7, kemudian kelompok yang kedua berjualan di C2, serta yang lainnya menjual kepada masyarakat umum atau pun kepada alumni.

 

Hasil

Berdasarkan manajemen pemasaran yang kami lakukan, kami berhasil menjual kaos sejumlah 5 buah. Kaos sejumlah tersebut berasal dari berbagai pembeli yang kebanyakan adalah dosen FIS. Dengan hasil tersebut diharapkan kami termotifasi untuk berwirausaha.

 

Kendala yang Dihadapi

Kegiatan wirausaha yang kami lakukan tersebut mengalami beberapa kendala. Kendala yang kami hadapi diantaranya adalah yang berkaitan dengan kaos itu sendiri. Saya menawarkan kaos kepada teman saya sendiri yang menjadi kendala adalah bahan dalam pembuatan kaos. Mereka beranggapan bahwa kain yang dugunakan dalam pembuatan kaos tersebut kurang bagus. Selain itu adalah warna, mereka mengatakan bahwa warna yang ditawarkan kurang bervariasi, hanya merah dan hitam, maskipun merah merupakan slogan dari FIS itu sendiri yaitu kampus merah.

 

Harapan

Berdasarkan pengalaman dalam memasarka kaor jurusan, kami mengharapkan untuk barang-barang yang akan diproduksi lagi lebih bervariasi namun tetap menonjolkan identitas FIS itu sendiri. Untuk itu diharapkan barang yang ditawarkan menjadi lebih baik lagi. Kemudian untuk mahasiswanya sendiri menjadi lebih berani dalam mempromosikan barang dagangan sendiri dan memiliki mentak yang kuat dalam berwirausaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s