MODEL PEMBELAJARAN Exsamples Non-Exsamples

  1. Tema : masyarakat multikultur di Indonesia

Tema yang saya pilih adalah masyarakat multikultur. Masyarakat di Indonesia adalah merupakan salah satu contoh masyarakat yang multikultur. Masyarakat multikultur ditandai dengan adanya keberagaman kelompk sosial dengan norma dan kebudayaan yang berbeda. Misalnya saja ada berbagai golongan, suku, etnis, ras, agama, dan budaya.

Dengan kondisi yang demikian terkadang banyak yang kurang memahami akan arti multikultural itu sendiri, sehingga banyak yang masih mengunggulkan kebudayaan mereka sendiri. Mereka beranggapan bahwa merekalah yang terbaik, sehingga sering memicu konflik. Namun pada dasarnya mereka adalah sama.

Untuk menghindari hal yang demikian perlu ditanamkan tentang nilai-nilai multikulturalisme. Selain itu juga ilai-nilai multikulturalisme sangat tepat dengan semboyan bangsa Indinesia yaitu “bhineka tunggal ika”.  Sehingga untuk menanamkan nilai-nilai tersebut maka tema ini dapat memberikan gambaran tentang masyarakat Indonesia dan mereka lebih menghargai tentang makna dari “berbeda”.

  1. Model pembelajaran yang dipilih : exsamples Non-examples

Model pembelajaran examples merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memberikan contoh kasus atau gambar yang relevan dengan kompetensi dasar. Jadi terlebih dahulu para peserta didik diberikan contoh kasus atau gambar. Contoh gambar atau kasus dapat dilakukan dengan menggunakan gambar pasif atau bisa saja dengan menonton film tertentu, tentunya yang berkaitan dengan materi yang akan dibicarakan.

Selain karena itu , dalam tema ini model pembelajaran exsamples lebih tepat digunakan karena siswa memiliki gaanbaran seperti apa masyarakat yang multikultur, kemudian siswa sapat mengetahui sejauh mana keberagaman yang ada di Indonesia, sehinggan mereka dapat memberikan analisis mereka dengan baik.

  1. Langkah-langkah
    1. Guru mempersiapkan gambar atau film

Dalam hal ini guru menyiapkan film pendek atau sejenis yang berkaitan dengan materi, misalnya mengenai suku-suku, agama dan kebudayaan yang ada di Indonesia

  1. Guru menempelkan gambar atau menayangkan gambar menggunakan OHP
    Pada langkah ini peserta didik diminta untuk mengamati atau manganalisis gambar
  2. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar
    Di sini pesera didik diberikan waktu untuk menganalisis
  3. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang, siswa menganalisis gambar dan mencatat analisisnya dalam kertas kerja

Dalam materi ini peserta didik dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang. Kelompok ini dipilih berdasarkan hitungan secara acak. Peserta didik diminta berhitung kemudian berkelompok berdasarkan angkanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa terbagi secara merata tanpa merasa tidak adil misalnya pada kelompok tertentu merupakan anak yang pandai semua.

  1. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya
  2. Melalui hasil diskusi dan komentar siswa, guru menjelaskan materi sesuai dengan indikator dalam KD
  3. Kesimpulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s