Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA/MA….
Kelas : X
Semester : 2 (Dua)
Program : –
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 3x pertemuan

A. Standar Kompetensi

Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

B. Kompetensi Dasar

Menjelaskan nilai dan norma dalam masyarakat sebagai landasan kehidupan sosial masyarakat.

C. Indikator

  1. Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi.
  2. Mengidentifikasi proses sosialisasi.
  3. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kepribadian.
  4. Menghasilkan tulisan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.

D. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu :

  1. Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi.
  2. Mengidentifikasi proses sosialisasi.
  3. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kepribadian.
  4. Menghasilkan tulisan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.

E. Materi Pembelajaran

  1. Nilai Sosial
    a. Pengertian nilai sosial
    b. Ciri nilai sosial
    c. Klasifikasi nilai sosial
    d. Peran nilai sosial
  2. Norma Sosial
    a. Tingkatan norma sosial
    b. Macam norma sosial
  3. Sosialisasi
    a. Pengertian sosialisasi
    b. Proses sosialisasi
    c. Agen (pelaku) sosialisasi
    d. Jenis sosialisasi

F. Alokasi Waktu : 6 X 45 menit (3x pertemuan)

G. Model Pembelajaran : Make a Match (Mencari Pasangan) dan Role Playing

H. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke I dan II

Kegiatan Awal

  • Guru mempersiapkan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa serta menyiapkan siswa secara psikis untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran.
  • Menyampaikan cakupan materi kepada siswa sesuai dengan silabus.
  • Menanyakan kepada siswa tentang fenomena yang terkait dengan materi yang akan di bahas.

Kegiaatan Inti

  • Melibatkan siswa dalam pembahasan materi tentang nilai dan norma sosial.
  • Siswa diberi pertanyaan tentang apa yang mereka ketahui tentang nilai dan norma sosial.
  • Guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis kemudian mengidentifikasinya satu persatu.
  • Guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar nilai dan norma sosial, meliputi pengertian, ciri, klasifikasi, serta tingkatannya.
  • Guru mempersiapkan kartu yang berisi tentang konsep serta contoh nyata dalam masyarakat berkaitan dengan nilai dan norma sosial beserta jawabannya.
  • Guru membagikan kartu tersebut kepada siswa kemudian siswa memikirkan jawabannya.
  • Siswa mencari pasangan berdasarkan soal dan jawabannya yang tertulis dalam kartu hingga batas waktu yang ditentukan.
  • Siswa yang menemukan pasangannya sebelum waktu yang diberikan habis diberi poin.
  • Setelah babak pertama selesai kemudian kartu yang berisi soal dan jawaban dikembalikan kepada guru untuk kemudian dikocok agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya dan dibagikan lagi kepada siswa dan begitu seterusnya hingga waktu yang telah ditentukan.
  • Guru memberikan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran tersebut.

Kegiatan Akhir
Merangkum

Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran pada materi yang telah dibahas serta melalui kuis yang dilakukan.

Umpan balik

Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan terkait dengan materi yang kurang jelas.

Tindak lanjut

Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru.
Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan didepan kelas.

Pertemuan ke III

Kegiatan Awal

  • Guru mempersiapkan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa serta menyiapkan siswa secara psikis untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran.
  • Menyampaikan cakupan materi kepada siswa sesuai dengan silabus.
  • Menanyakan kepada siswa tentang fenomena yang terkait dengan materi yang akan di bahas.

Kegiaatan Inti

  • Melibatkan siswa dalam pembahasan materi tentang sosialisasi.
  • Siswa diberi pertanyaan tentang apa yang mereka ketahui tentang sosialisasi.
  • Guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis kemudian mengidentifikasinya satu persatu.
  • Guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar sosialisasi.
  • Guru memberikan skenario yang akan ditampilkan.
  • Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu yang telah ditentukan.
  • Guru membagi siswa kedalam kelompok yang terdiri dari 5 anak dalam setiap kelompoknya.
  • Guru menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai.
  • Guru menunjuk siswa untuk memperagakan sesuai dengan skenario.
  • Masing-masing siswa memperagakan skenario yang diperagakan.
  • Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  • Guru memberikan kesimpulan secara umum

Kegiatan Akhir
Merangkum

Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran pada materi yang telah dibahas serta melalui bermain peran yang dilakukan.

Umpan balik

Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan terkait dengan materi yang kurang jelas.

Tindak lanjut

Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru.
Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.

I. Metode Pembelajaran

  • Informasi
  • Kerja mandiri
  • Kuis
  • Bermain peran

J. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan adalah kartu yang digunakan dalam kuis, berisi soal dan jawaban.

K. Sumber Bahan

  • Buku paket Erlangga Sosiologi SMA kelas X (Idianto M.)
  • Fenomena yang ada dalam masyarakat
  • Internet

L. Penilaian

  • Hasil kerja siswa dalam mencari pasangan selama kuis
  • Kecepatan siswa dalam mencari pasangan selama kuis
  • Hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru

Semarang, Desember 2008

Mengetahui :

Kepala Sekolah SMA…                                                      Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah.                                                             Diyana Rahmawati, S.Pd.
NIP. ………………….                                                           NIP. 3401409001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s